Membuka Tahun Dengan Kesalihan

Pada penghujung tahun 2013, DPD LDII Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Senkom Mitra Polri mengadakan kegiatan “Pengajian Generasi Muda”. Kegiatan yang bertempat di Masjid Bani Saba Kelurahan Telaga Bertong, Taliwang ini agenda tahunan DPD LDII KSB untuk menghimpun potensi generasi muda LDII sekaligus sebagai upaya menghindarkan generasi muda LDII dari pengaruh negatif ketika menunggu datangnya waktu pergantian tahun. Karena itu amat wajar bilamana di kalangan majelis taklim LDII, tidak akan pernah ditemui pesta kembang api, suara petasan, serta bunyi terompet,  apalagi miras dan narkoba.  

“Ini merupakan perwujudan partisipasi DPD LDII Sumbawa Barat dalam menciptakan suasana keamanan dan kertetiban bagi masyarakat di bumi Pariri Lema Bari,” demikian dikatakan Ir Bambang Supriadi yang juga selaku Ketua DPD LDII KSB dalam sambutannya mengatakan bahwa adanya kegiatan tersebut adalah untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di bumi Pariri Lema Bariri. Ia juga menekankan tentang perlunya pemuda memiliki modal kepahaman agama yang kuat, yang diharapkan dapat menjadi tameng untuk menolak pengaruh-pengaruh negatif yang datang dari luar pribadinya.

Acara pengajian dengan tema “Pengendalian Kenakalan Remaja melalui Pengajian dan Nasehat Agama” dihadiri oleh generasi muda LDII KSB, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama, juga narasumber dari Polres Sumbawa Barat. Tausiyah dan pentafsiran mushaf Alquran dan Alhadits menjadi menu utama kegiatan ini. Sebagai tambahan, materi mengenai “Penyuluhan  Kenakalan Remaja, Penyalahgunaan Narkoba serta Pelanggaran Lalu Lintas, dan Kantibmas” disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Sumbawa Barat.

Dalam ceramah di hadapan sekitar 200 pemuda pemudi LDII AKP M Jafar selaku Kasat  Binmas Polres Sumbawa Barat menjelaskan tentang bahaya narkoba dan beratnya sanksi bagi pelaku. “Karena itu para pemuda jangan sekali-kali menyentuhnya apalagi mengkonsumsi,” ujar AKP M Jafar.

Agar tak jenuh dengan materi, pada ujung acara para pemuda pemudi diberi kesempatan menampilkan  potensi dan bakat, yang dikemas dalam bentuk hiburan di halaman Masjid Bani Saba. Maka seketika terdengar lantunan bait-bait puisi, bermain kuis, sambil menikmati ikan bakar yang mereka olah sendiri, sambil menanti pergantian tahun. Tak terasa malam semakin larut mendekati waktu sepertiga malam yang akhir, para peserta melanjutkan dengan sholat sunnah dan doa malam.

Acara tidak berhenti hingga malam pergantian tahun saja, keesokan harinya, tepat fajar pertama tahun 2014, warga LDII Sumbawa Barat menghelat Kampanye Bersih dan Hijau bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumbawa Barat. Acara yang berlokasi di Kemutar Telu Center (KTC) yang merupakan Pusat Perkantoran Pemda KSB di Taliwang.

Acara bersih-bersih ini melibatkan tidak kurang dari 200 orang warga LDII, berjalan santai menyusuri jalan KTC sepanjang 1,5 km sambil memungut sampah plastik (anorganik). Setiap sampah yang ditemukan dipungut dan dimasukan ke dalam tas plastik. Meski dalam suasana gerimis, tak menyurutkan semangat warga membersihkan lokasi KTC. BLH Sumbawa Barat yang dikoordinir Kepala Seksi Kebersihan Heru Herlambang, ST menurunkan 3 unit motor roda tiga pengangkut sampah untuk mendukung aksi warga LDII. Hasilnya, sekitar 2 meter kubik sampah dikumpulkan pada hari pertama 2014.

Acara jalan santai dan sehat dengan tema “Wujudkan Bumi Pariri Lema Bariri Hijau Tanpa Sampah” juga bekerja sama dengan Senkom Mitra Polri Sumbawa Barat. Aksi bersih yang mengambil momentum  tahun baru  itu merupakan gerakan moral untuk memberikan pemahaman kepada setiap orang, bahwa KTC adalah lokasi yang baik untuk berolahraga dan rekreasi, karena itu harus selalu bersih dan hijau.

“Dengan terciptanya suasana bersih dan hijau di awal tahun,  diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi warga Sumbawa Barat untuk bisa memelihara dan menikmati bumi Pariri Lema Bariri Hijau tanpa sampah sepanjang 2014,” ujar Koordinator Acara Aksi Bersih  Ir Bambang Supriadi, juga selaku Ketua DPD LDII Sumbawa Barat. Kegiatan aksi bersih ini lanjut Bambang  sangat mendukung program pemerintah dan dambaan masyarakat Sumbawa Barat untuk meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup./**

Tinggalkan Balasan

Close