Pulau Kenawa

Pulau Kenawa merupakan pulau kecil nan indah, biasa disebut wonderful Indonesia bagi pengunjungnya. Letaknya  di Kecamatan  Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi  NTB. Luasnya hanya sekitar 13 Ha itu termasuk ke dalam gugusan Gili Balu (Gili = Pulau Kecil, Balu = Delapan),  yang merupakan delapan pulau kecil yang tidak berpenghuni sebagai salah satu destinasi wisata daerah ini. Masih dalam gugusan Gili Balu terdapat juga ada Pulau Paserang yang letaknya tidak jauh dari Pulau Kenawa namun lebih luas, sekitar  46 ha.  

Kedua pulau ini  sering dipilih para wisatawan untuk berwisata karena keindahan pantai pasir putih, gugusan pohon bakau, rumput savana serta tanaman dan karang lautnya yang menarik.

Awal Juli 2017 bersama muda-mudi kami pernah ke sana. tidak kurang dari  30 peserta terlibat dalam berbagai kegiatan  tersebut berbaur dengan pengunjung lainnya yang berdatangan dari berbagai daerah di KSB, Sumbawa, Bima, Lombok,  Bali,  bahkan dari manca negara. Saat itu ada tiga unit  kapal pesiar membawa wisatawan asing mendarat di Pantai Kenawa.

Rute perjalanan kami adalah Poto Tano – Pulau Paserang – Pulau Kenawa. Transportasi menuju kedua pulau tersebut  mengunakan jasa perahu para nelayan yang berada di sekitar kampung nelayan Poto Tano. dibutuhkan waktu sekitar  30 menit menuju Pulau Paserang dan 25 menit menuju Pulau Kenawa.

Selama berwisata para muda mudi asik dengan aktivitasnya sendiri-sendiri. Ada yang senang  jalan-jalan sepanjang pantai, menikmati keindahan bawah laut dengan ber-snorkling, mendaki bukit, dan terakhir ditutup dengan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Close